Rabu, 24 September 2014

Peternak Kambing di Indramayu Kesulitan Mencari Rumput Untuk Pakan

Sebulan terakhir, para peternak kambing di wilayah pantura Indramayu mengalami kesulitan mencari rumput untuk pakan ternak. Sebagai alternatif, mereka menggunakan ampas tahu dan batang pisang seiring langkanya rumput hijau di musim kemarau.

"Dicampur pakai dedak lembut dan hasilnya bagus. Pertumbuhan dan bobot kambing tetap terjaga," kata peternak kambing asal Kecamatan Patrol, Saripin. Pakan ternak berupa ampas tahu dan dedak lembut, lanjut Saripin. Sebab pabrik tahu dan heler di wilayahnya cukup banyak.

Peternak lainnya, Rokhman mengatakan untuk menyiasati minimnya rumput, kambing diberikan pakan alternatif seperti daun turi maupun daun singkong. Komposisinya, setengah rumput dan setengahnya pakan alternatif. "Rumput tetap menjadi pakan utama supaya bobot kambing terus naik," jelas Rokhman.

Rokhman menambahkan, waktu sebulan kedepan terus berupaya agar ternak kambingnya tidak kekurangan pakan. Pasalnya, mendekati lebaran haji akan banyak bandar atau warga membeli kambing miliknya untuk dijadikan hewan kurban. "Sekarang saja sudah banyak yang pesan. Tapi kalau kambingnya kurus, bisa-bisa dibatalkan pesanannya," ujarnya

Sumber: koran radar 23 September 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Luoa tinggalkan Jejaknya