Kamis, 13 November 2014

Cara mendeteksi trojan


Untuk mendeteksi trojan ada 4 cara yang dapat anda lakukan yaitu diantaranya :
a.         Cara mendeteksi virus trojan
Cara mendeteksi virus ini adalah dengan mengenali tanta-tanda virus trojan ini menyerang. Berikut adalah beberapa tanda-tanda virus ini menyerang :
1.         Saat membuka suatu situs, terdapat pop-up yang muncul secara otomatis. Dan ketika akan mengakhiri, tiba-tiba browser akan membuka secara otomatis beberapa halaman yang tidak dikenal.

2.         Terdapat file yang rusak atau hilang
3.         Program yang tidak diketahui terlihat aktif di task manager.
4.         Tampilan kotak pesan tidak dikenal yang tampak dilayar perangkat.
Sebagian tanda-tanda di atas biasanya dilakukan oleh penyerang tingkat pemula  dengan ciri memberikan notifikasi pada layar. Sedangkan pada tingkat lanjut, ia akan menyembunyikan dan menghapus jejak saat penyusupan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.
Berikut ini beberapa cara pendektesian virus Trojan yang dilakukan penyerang tingkat lanjut
a.     Task list
b.    Netstat
c.     TCP View
b.        Cara Mencegah Virus Trojan Masuk
Sebelum perangkat anda terserang virus trojan akan lebih baik jika anda melakukan beberapa langka-langkah pencegahan sederhana. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa anda lakukan :
1.      Memilih situs yang benar-benar dapat terpercaya untuk melakukan download.
2.      Memastikan file  yang dikirim belum dibuka oleh orang lain.
3.      Mewaspadai file-file  yang ekstentionnya disembunyikan.
4.      Memastikan bahwa didalam komputer tidak ada program yang berjalan secra otomatis atau mode file preview.
5.      Jangan selalu merasa aman apabila di komputer telah terpasang software antivirus /trojanscanner.
Pengguna dapat melakukan pemeriksaan terhadap komputernya dengan cara melihat setting  sistem saat pertama kali berjalan. Jika terdapat nama-nama file yang mencurigakan dan bukan merupakan bagian dari sistem, maka  file  tersebut patut dicurigai sebagai virus Trojan.
c.         Cara Menghapus Virus Trojan Yang Sudah Menginfeksi Perangkat
Penghapusan virus Trojan adalah proses yang penuh bahaya, termasuk membuang registry atau kehilangan kemampuan untuk menjalankan program. Berikut adalah  langkah-langkah pertama dan paling sederhana untuk menghapus virus Trojan ialah
1.    Mengidentifikasi file virus Trojan didalam Harddisk.
2.    Menemukan bagaimana virus Trojan mengaktifkan dirinya dan mengambil tindakan yang perlu untuk mencegah berjalannya virus Trojan setelah reboot.
3.    Reboot komputer dan menghapus virus Trojan.
Langkah kedua untuk menghapus virus Trojan sebagai berikut
1.      Membersihkan dengan cara instalasi ulang
2.      Pemakaian antivirus Trojan
d.        Awalnya software antivirus tidak menyertakan pendeteksi virus Trojan. Namun ketika virus Trojan mulai populer dan menyebabkan berbagai masalah. Pembuat antivirus menambahkan data-data virus trojan kedalam antivirusnya. Sayangnya, antivirus ini tidak dapat melindungi sistem komputer sepenuhnya. Antivirus hanya dapat mendeteksi virus Trojan berdasarkan nama-nama yang telah dimasukan kedalam antivirus. 
Pendeteksi yang efektif adalah menggunakan software khusus untuk mengatasi virus Trojan. Istilah umum dari antivirus Trojan ini adalah Trojan Scanner.
Virus Trojan membuka port tertentu sebagai jalan belakang (backdoor) untuk menyerang targetnya. Proses pendeteksian antivirus Trojan ini dilakukan dengan cara melakukan scanning terhadap port-port yang terbuka tersebut.
1)      Antivirus Trojan untuk windows PC
Salah satu yang terbaik dari antivirus Trojan pad windows pc adalah malwarebytes anti-malware. Antivirus Trojan ini dalah software yang dari awal dibuat untuk memerangi malware dan Trojan ialah malware  yang paling popular. Software antivirus ini Trojan ini menggunakan tekhnologi malwarebytes untuk mendeteksi dan menghapus semua virus Trojan dan juga malware lainnya seperti worms, rootkits, rogues, dialers, spyware dan lain-lain.
Berikut beberapa macam Trojan Scanner
a)      Trojan remover
Program ini membasmi semua Trojan hingga akar-akarny. Dalam program ini semua jenis Trojan yang tidak terdeteksi oleh antivirus biasa bisa terdeteksi dan dihapus oleh software ini. Sehingga Trojan Remover salah satu tools yang bisa diandalkan untuk memproteksi komputer dari serangan virus Trojan.
[trojan.png]
Trojan Remover juga dirancang untuk menghapus dan menghilangkan malware tanpa perlu menghapusnya dari registry sistem computer. Selain itu juga dapat mengembalikan settingan komputer yang telah dirubah oleh Trojan, malware, adware maupun spyware.
[trojan.png]
Trojan Remover juga terdiri atas tools yang cukup lengkap termasuk kemampuan mendeteksi rootkit yang dapat diaktifkan ketika windows dijlankan pertama kali atau startup. Dan Trojan Remover dapat mengeluarkan peringatan apabila komputer terinfeksi rootkit tersebut.
b)      Anti Trojan Elite
Anti Trojan Elite adalah malware remover, dapat mendeteksi dan membersihkan malware pada disk atau memory. Anti Trojan Elite menyediakan firewall malware real-time untuk pengguna, Anti Trojan Elite dapat mendeteksi lebih dari 22.000 trojan, worm dan keyloggers saat ini.
BEBERAPA ALASAN MEMILIH ANTI TROJAN ELITE
- Real time malware firewall, melindungi komputer pengguna secara real time.
- Mendeteksi dan membersihkan malware.
- Tanpa perlu mengeluarkan uang apabila anda mendownload dari situs masterGOmaster.
c)      TrojanHunter 5.3 Build 994 Final
TrojanHunter adalah scanner trojan maju dan toolbox, yang akan mencari dan menghilangkan trojan dari sistem anda. Ini menggunakan beberapa metode terbukti untuk menemukan berbagai trojan seperti file scanning, port scan, memori scanning dan registry pemindaian. Perbedaan banyak scanner trojan lainnya adalah bahwa TrojanHunter juga memungkinkan Anda untuk menambahkan definisi trojan adat dan aturan deteksi menggunakan mudah dipahami dialog. Fitur tambahannya, termasuk penampil Netstat, Memory String Extractor, Proses Viewer, Auto-Start Explorer dan berbagai plug-in untuk pengguna tingkat lanjut. TrojanHunter dilengkapi dengan fitur Live Update yang membuat tanda tangan Trojan saat ini. TrojanHunter adalah sebuah aplikasi yang bagus untuk mendeteksi dan menghapus trojan. Dengan yang unik mesin scan mampu mencari setiap tempat persembunyian pada komputer Anda untuk trojan, anda dapat yakin memiliki perlindungan trojan yang paling canggih yang tersedia.
2)      Antivirus Trojan untuk android
Untuk Android, antivirus Trojan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Lookout Security & Antivirus.
Security :
·         Antivirus : Block malware, spyware, dan Trojans
·         Scan setiap aplikasi yang anda download untuk memastikan ia aman.
·         Menjadwalkan scan harian atau mingguan. Dan mendapatkan automatic over-the-air protection terhadap berbagai ancaman virus baru.
Find My Phone :
·         Memberikan lokasi dari android apabila hilang atau dicuri. Berfungsi dengan Google map  bahkan saat GPS dalam keadaan tidak aktif.
·         Mengaktifkan alarm bersuara keras, meskipun android anda dalam keadaan silent.
·         Log in ke myLookout.com untuk menemukan lokasi Android anda melalui browse.
Backup & Restore :
·         Backup kontak ke myLookout.com
·         Restore ke perangkat lain
Untuk mendapatkan versi premium dari antivirus Trojan ini, anda bisa memanfaatkan fitur update  yang tersedia di versi gratis. Pada versi premium ini, fitur yang ditambahkan adalah :
·         Safe Browsing : Block link teks pada pesan, tertera di situs tertentu, dan pada tempat lain, yang mengandung phishing  dan malware.
·         Remote Lock & Wipe : mengunci Android  anda apabila hilang atau dicuri, plus secara remote anda bis menghapus data pribadi pada perangkat Android tersebut.
·         Privacy Advisor : mengidentifikasi aplikasi mana yang bisa mengakses data pribadi seperti kontak, lokasi, SMS, dan info identitas pengguna.
·         Advanced Backup : apabila pada versi gratis pengguna bisa Backup and restore kontak, versi premium memungkinkan photos dan call history ditambahkan pada backup and restore kontak tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Luoa tinggalkan Jejaknya