Selasa, 11 November 2014

Software yang di butuhkan dalam Akutansi

Software Inventory atau Akuntansi Yang Lebih Penting untuk Perusahaan :
Sebagai pelaku bisnis, sangat penting bagi Anda untuk bisa mengetahui posisi keuangan Anda dalam upaya untuk menyusun perencanaan kegiatan perusahaan dan sebagai dasar pembuatan keputusan dengan cara analisa laporan keuangan. Penyusunan laporan keuangan melalui siklus akuntansi dari pengumpulan bukti-bukti transaksi dan pencatatan sehingga terbentuk laporan keuangan. Akan menjadi rumit apabila kita tidak mengetahui siklus akuntansi. Saat ini sudah banyak tersedia software yang dapat membantu kita dalam proses penyusunan laporan keuangan. Pada pembahasan ini kami akan lebih detail membahas penyediaan laporan pada perusahaan dagang. Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya melakukan transaksi pembelian kemudian dijual kembali tanpa mengubah bentuk. Yang digolongkan dalam perusahaan dagang antara lain distributor, toko swalayan, retail, toko pengecer atau toko perbelanjaan grosir. Hal terpenting dari perusahaan dagang adalah sistem manajemen persediaan / stok yang nantinya akan tersajikan laporan stok dan laporan keuangan sehingga dapat mengambil keputusan bisnis.
Dalam dunia bisnis, khususnya diperusahaan dagang kebutuhan akan laporan inventory/persediaan dan laporan akuntansi tentunya merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan (referensi contoh laporan keuangan bisa lihat Disini). Karena kedua hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan dagang. Mengapa demikian? Persediaan merupakan aktiva perusahaan yang paling utama karena mayoritas modal atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan dagang berwujud barang. Tentunya jika kontrol terhadap persediaan lemah, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Namun kita juga tidak boleh melupakan laporan keuangan, karena ini juga tidak kalah penting disamping dengan laporan persediaan. Laporan keuangan yang buruk, tidak tersusun dan tercatat dengan baik tentu akan berdampak dengan kondisi keuangan perusahaan. Jika laporan keuangan yang kita miliki tidak akurat, maka tentunya akan berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan strategis yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Dan banyak perusahaan yang gulung tikar atau tutup yang disebabkan oleh kesalahan dalam pengambilan keputusan bisnis.
Bagi pelaku bisnis yang awam mengenai akuntansi, software akan menjadi sangat membantu dalam penyusunan laporan yang Anda butuhkan. Ada dua jenis software yang sesuai untuk menyediakan laporan keuangan bagi perusahaan dagang, yaitu software inventory dan software akuntansi. Software inventory adalah salah satu software kontrol jual beli berbagai jenis barang/ yang dilengkapi dengan laporan stock. Contoh dari software inventory ini adalah software point of sale atau software yang biasa kita temui pada kasir di toko perbelanjaan. Software Akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain (Wikipedia: Perangkat lunak akuntansi). Saat ini banyak perusahaan-perusahaan khususnya perusahaan dagang yang menggunakan berbagai macam software inventory ataupun software akuntansi yang terbaik untuk mendukung mensupport kegiatan operasional perusahaan sehingga dapat menghasilkan laporan yang seakurat mungkin untuk dapat menghasilkan keputusan bisnis yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan pada saat itu.
Jika kita disuruh untuk memilih antara software inventory atau software akuntansi untuk perusahaan dagang kita. Manakah yang akan kita pilih? Pertanyaan yang sulit untuk kita jawab, karena dua-duanya sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Mari kita bahas satu per satu. Simak juga artikel Pusing Mengelola Stok Persediaan? Ini Solusinya.
  1. Software Inventory untuk Perusahaan Dagang
    Dalam sebuah perusahaan dagang, persediaan merupakan barang-barang yang dibeli dengan tujuan untuk kita jual kembali tanpa mengubah bentuk dan kualitasnya dan hanya mengambil selisih dari penjualannya untuk memperoleh keuntungan. Untuk perusahaan yang mengutamakan pengelolaan inventory/persediaan maka software inventory sangat wajib untuk digunakan untuk mengelola stock barang yang merupakan asset utama perusahaan.  Kita bisa mendapatkan laporan-laporan yang sangat detail dari setiap barang yang ada, baik itu dari segi keakuratan jumlah barang, kemana saja barang itu didistribusikan, mana saja barang yang paling laris dan tidak, dan mana saja yang paling menghasilkan profit yang tinggi, di gudang mana saja kita simpan stock barang tersebut, dan laporan-laporan lainnya.
    Dengan adanya penggunaan software inventory tentunya management stock harus lebih terkontrol dengan baik, tetapi sebaik apapun software yang kita gunakan, jika SDM yang menjalankan sistem tersebut tidak bertanggung jawab, tentu ini akan menjadi hal yang sia-sia saja. Jadi disamping sistem/software inventory yang bagus harus didukung dengan SDM yang berkualitas, jujur dan bertanggung jawab. Sehingga laporan yang dihasilkan akan menjadi akurat dan sesuai dengan kondisi riil perusahaan, dan dapat digunakan oleh pihak management perusahaan dalam pengambilan keputusan penting untuk kelansungan hidup perusahaan dimasa yang akan datang yang lebih maju lagi.
  2. Software Akuntansi untuk Perusahaan Dagang
    Software akuntansi dibuat untuk memudakan kita dalam proses penyusunan laporan keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan laporan lain yang dibutuhkan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi akan memudahkan Anda untuk mendapatkan laporan keuangan yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Apabila proses peyusunan laporan keuangan tersebut dilakukan dengan cara manual maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan laporan keuangan seperti neraca atau laporan laba rugi sesuai dengan periode yang ditentukan. Jika menggunakan software akuntansi semua transaksi akan terjunal otomatis dan saat itu juga laporan akan terbentuk. Software akuntansi yang ada saat ini sangat cocok diaplikasikan pada perusahaan dagang karena perusahaan dagang memiliki dasar siklus akuntansi yang banyak tersedia pada fasilitas-fasilitas di software akuntansi. Sehingga bagi Anda yang sedang mencari informasi untuk menggunakan software apa yang tepat bagi perusahaan dagang, kami sarankan untuk memilih menggunakan software akuntansi. Software akuntansi dapat dengan mudah Anda temui dari yang berbayar bahkan gratis. Ada banyak software akuntansi yang tersedia dipasaran, akan tetapi kami menyarankan Anda untuk memilih software yang sesuai dengan bentuk bisnis Anda. Kami menyarankan software akuntansi Zahir Accounting yang merupakan software aplikasi akuntansi keuangan berbahasa Indonesia yang berkualitas, mudah digunakan dan berdaya tinggi.

Beberapa manfaat menggunakan software akuntansi Zahir Accounting untuk perusahaan dagang sebagai berikut:
  1. Mudah menghitung stok barang
    Dengan Zahir Accounting, Anda akan dengan mudah mendapatkan informasi jumlah stok yang tersedia secara realtime tinggal input pembelian dan penjualan barang maka laporan secara otomatis akan terbentuk.
  2. Mengendalikan hutang dan piutang menjadi mudah
    Anda bisa mengetahui jumlah hutang piutang perusahaan jatuh tempo, siapa saja yang harus ditagih dan dibayar dengan bantuan reminder
  3. Dapat mengetahui produk paling laris
    Sangat penting bagi Anda untuk bisa mengetahui dengan cepat produk mana yang paling laris. Fasilitas inventory pada Zahir Accounting menyajikan informasi yang lengkap mengenai stok, mulai dari produk yang paling laris, paling menguntungkan, slow moving dll.
  4. Mengetahui kinerja perusahaan
    Anda dapat melihat trend perubahan laba dan rugi perusahaan dari waktu ke waktu yang akan memudakan dalam menganalisa serta menilai kinerja perusahaan.
  5. Dengan mudah mengetahui kondisi keuangan perusahaan
    Zahir Accounting memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuat dan menyajikan laporan keuangan secara lengkap mulai dar Laba Rugi, Neraca dan Arus Kas, Laporan persediaan barang dan juga analisis barang. Dan juga tersedia grafik interaktif dan analisa bisnis untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.
Dari pembahasan di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa antara software inventory dan software akuntansi sama-sama memiliki peranan penting bagi perusahaan dagang dalam menjalankan bisnisnya, terutama dalam pengambilan keputusan-keputusan bisnis yang harus dilakukan secara cepat dan akurat dari data yang ada. Namun software akuntansi memiliki peranan yang lebih penting dari software inventory, karena di software akuntansi disamping menghasilkan laporan yang lebih lengkap, yaitu laporan keuangan yang mencerminkan kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh dan software akuntansi  juga mencakup laporan tentang persediaan barang beserta analisis produknya, sebagai contoh adalah Software Zahir Accounting.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Luoa tinggalkan Jejaknya